Berita Terkini Headline Animator

selamat datang di Blog'e Kang Yitt ...

Bilangan Asmaul Husna

Sangat populer berbagai riwayat yang menyatakan bahwa jumlah Asmaul Husna adalah sembilan pulu sembilan. Salah satu riwayat tersebut berbunyi : “Sesungguhnya Allah memiliki senmbilan pulu sembilan nama – seratus kurang satu , siapa yang (mengetahui) maka dia masuk ke surga. Allah ganjil (Esa) sengan pada yang ganjil” (H.R Bukhari, Muslim, Attirmidzy, Ibnu Majah, Ahmad dan lain-lain).
Bermacam-macam penafsiran ulama dari kata ash a’ha antara lain dalam arti memahami maknanya dan mempercayainya atau mampu melaksanakan kandungan-Nya(berakhlak dengan nama-nama itu).

Betapapun yang jelas bahwa ada manusia yang sekedar membaca nama-nama itu disertai dengan mengagungkan-Nya, ada juga yang mempercayai kandungan makana-maknanya, ada juga yang menghafal, memahami maknanya dan mengamalkannya. Itu semua dapat dikandung oleh kata “Ahsh a’ ha” di atas, dan mereka semua Insya Allah dapat memperoleh curahan rahmat Ilahi.
Ibnu Katsir dalam tafsirnya setelah mengutip hadist di atas berbagai sumber berkata : Attirmidzy dalam susunannya menambahkan kalimat, “Allah ganjil (Esa) senang pada yang ganjil”. Nama-nama Allah itu yakni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar